Senin, 01 Maret 2010

Tips (untuk tulisan Bahasa Indonesia)

Tips memilih teman berlibur :
1. Hobi
Hobi terkadang bisa jadi acuan dalam milih tempat tujuan wisata. Yang hobi shopping jelas mau browsing ke portokan. Si pecinta alam maunya menjelajah alam sekitar. Begitu juga yang suka baca, pasti lebih memilih hunting buku untuk menambah koleksi. 10 orang yang pergi, bisa ada 10 rencana berbeda didalam setiap kepala. Sebelum pergi bareng teman-teman, ada baiknya kalian saling jujur tentang hobi masing-masing. Dan tanyakan pada diri kalian, apakah sanggup saling berkompromi ? misalnya, hari pertama shopping, hari ke-dua menikmati pemandangan alam, dan seterusnya. Bisa juga kalian saling berpisah dan ketemunya pas malam saja kalau mau dugem bareng. Not a bad idea, kan ? tapi tidak terutup kemungkinan bahwa ada teman yang bersedia kompromi dan ada juga yang tidak. Jadi diskusikan lagi dengan semua peserta liburan sebelum menyusun rencana. Kalau yang pergi lebih dari dua orang, tempat tujuan bisa ditentukan melalui voting suara terbanyak.
2. Pengalaman
Punya teman yang sudah sering traveling tentu ada enak dan tidaknya. Enaknya, dia bisa jadi guide gratis buat kalian. Orang ini sudah tahu tempat-tempat mana yang enak buat gaul, daerah mana yang asyik untuk berbelanja, sampai di mana lokasi strategis untuk menginap. Namun karena sudah tahu terlalu berpengalaman, dia akan cepat bosan. Misalnya, kamu ingin masuk ke taman hiburan. Sementara buat temanmu, taman hiburan di mana-mana sama saja. Jadi yang menarik bagi kamu, buat dia sudah tidak ada seru-serunya lagi.
Beda lagi kalau pergi bareng tyeman yang sama-sama belum pernah ke suatu tempat. Selain bisa meng-explore tempat itu sampai puas, setelah pulang kalian bisa bersama-sama menertawakan hal lucu/konyol yang mungkin terjadi selama berada di sana. Tentu saja ada resiko kesasar atau kelewatan tempat-tempat seru.
3. Kebiasaan Unik
Meskipun kalian sudah sering menginap bareng, tapi pasti masih ada kebiasaan temanmu yang terlewat dari pengamatan kamu. Suka mendengkur ? ah, itu sih biasa. Gimana kalau saat kalian mau pergi bersenang-senang, tiba-tiba temanmu bilang, “Eh, aku mau mencuci dan setrika dulu nih!”
Pasti kamu berpikir dia hanya bercanda. Ternyata temanmu memang sudah bersiap-siap dengan detergen dan setrika! Wah, apa iya ada orang sperti itu – bahkan pas liburan ? mungkin menurut dia, “Enggak enak kalau pulang nanti bawa baju kotor!” kamu jadi serba salah. Mau ditinggal, kok ya tidak enak. Dia kan temanmu! Mau menunggu sampai dia selesai ? Duh, ini kan liburan! Sebenarnya, selama dia tidak mengganggu acara kalian sih biarkan saja. Tapi jangan sampai acara kalian rusak atau tertunda hanya gara-gara satu orang ini. Jadi pastikan kebiasaan masing-masing orang tidak akan mengganggu acara bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar