Minggu, 02 Mei 2010

Tips (untuk tulisan Bahasa Indonesia) VII

Tips cara merawat perabot rumah tangga jenis besi dan kayu :
Di rumah perabot berbahan besi hadir dalam berbagai bentuk, di antaranya meja, kursi, bingkai cermin, tempat tidur, jemuran kain, dan wadah peralatan memasak. Besi juga dipakai sebagai pernak-pernik, seperti wadah lilin dan pembatas ruangan. Berikut cara membersihkan perabot besi :
• Bersihkan dengan sabun yang lembut, misalnya menggunakan buah lerak (yang biasa digunakan untuk mencuci kain batik). Kandungan buah lerak diyakini dapat menjadi sabun alami yang lembut dan tidak akan merusak besi.
• Jangan gunakan detergen yang bersifat keras untuk membersihkan perabot ini. Jika kesulitan mencari buah lerak, anda dapat membeli sabun lerak cair yang siap pakai (pilih yang tidak mengandung zat kimia). Sabun ini bisa di dapat di supermarket dan pasar tradisional.
• Keringkan perabot dengan kain bersih yang menyerap air. Usahakan tidak terkena tangan yang kotor karena minyak atau lemak yang ada di tangan bisa menimbulkan karat.
Perabot rumah yang terbuat dari kayu, seperti kursi, meja, dan lemari mudah menjadi kusam dan lapuk karena bahan kayu mudah menyerap air, minyak, dan debu. Oleh karenanya perabot kayu sebaiknya senantiasa mendapat perwatan rutin. Berikut langkah-langkah merawat perabot kayu :
• Bersihkan perabot kayu menggunakan lap kering dan bersih.
• Oleskan furniture wax (pembersih khusus untuk bahan kayu) pada kain lap bersih. Gosok pada permukaan kayu searah serat kayu. Jangan menekannya. Jika perabot kayu memiliki banyak ukiran, encerkan wax dengan sedikit bensin atau terpentin. Gunakan kuas lukis untuk mengoleskan cairan tersebut pada bagian-bagian mendetail. Biarkan selama 15 menit. Ulangi lagi langkah di atas agar mencapai hasil maksimal.
• Untuk mengilapkan perabot kayu, gosokkan ampelas kelapa pada permukaan kayu, searah serat kayu, dan agak ditekan hingga ampelas membentuk butiran-butiran seperti pasir. Biarkan sekitar 10 menit, lalu bersihkan sisa smpelas dengan lap kering dan bersih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar