Minggu, 02 Mei 2010

Tips (untuk tulisan Bahasa Indonesia) VIII

Tips sebelum meluncur ke klinik
• Keahlian dokter : pilihlah dokter yang terpercaya dan memiliki sertifikat. Cari informasi dari rumah sakit atau klinik tempatnya berpraktek, dan sumber lain. Rekomendasi dari teman terpercaya atau pasien sebelumnya juga bermanfaat.
• Hasil yang diharapkan : hasil seperti apa yang anda inginkan dari perawatan yang dipilih ? pertanyaan ini wajib dijawab oleh dokter anda. Gambaran kasarnya baru bisa terdeteksi setelah dokter mengobservasi kondisi kulit dan sejarah perawatan yang sudah pernah anda lakukan. Bila belum jelas, minta dokter menunjukkan hasi yang diharapkan dalam bentuk visual atau gambar.
• Pentingnya foto sebelum dan sesudah : foto before dan after harus dilakukan oleh para dokter. Ini menjadi bukti untuk pasien tentang kemajuan perawatan yang dilakukannya. Bila ada dokter atau klinik yang menolak untuk melakukannya, sebaiknya carilah dokter atau klinik lain saja.
• Lama waktu penyembuhan : tanyakan jangka waktu penyembuhan pasca perawatan. Apa saja yang dilarang dan diharuskan selama masa itu. Anda juga perlu tahu apa yang diharapkan terjadi sesudahnya.
• Resiko dan efek samping : diskusikan efek samping dan komplikasi yang potensial bisa terjadi. Tanyakan semua yang mengganjal di hati, jangan sampai terlambat. Terutama untuk anda yang mengidap beberapa penyakit atau punya sejarah penyakit tertentu yang dapat beresiko menimbulkan efek samping di kemudian hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar